Kamis, 04 Maret 2010

Buruh Tetap Akan Sambangi DPR


Rabu, 3 Maret 2010 | 09:18 WITA

JAKARTA, TRIUBUN KALTIM - Massa demonstran dari elemen buruh bakal tetap mendatangi Gedung DPR, Senayan, Jakarta siang ini. Tertundanya Paripurna DPR membahas kasus Century, memaksa buruh untuk tetap turun ke jalan memastikan hasil Paripurna sesuai harapan.

Meski menjamin akan tetap hadir ke DPR, namun diyakini kekuatan aksi massa kali ini akan jauh berkurang dari aksi kemarin. "Kami akan tetap datang ke DPR. Tapi kali ini memang kekuatannya agak terbatas. Karena sebagian besar kawan-kawan kan rencana awalnya hanya kemarin," kata Baso Rukman Abdul Jihad, koordinator aksi Serikat Pekerja Nasional (SPN) kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2010).

Baso menjelaskan, dengan tertundanya Paripurna dan aksi kemarin yang sempat ricuh, massa dari rekan-rekan buruh kali ini bisa turun mencapai setengahnya. Jika pada Selasa kemari kekuatan gabungan dari elemen buruh bisa mencapai puluhan ribu, kali ini diperkirakan hanya ribuan. Ia memaklumi karena para buruh pekerja harus kembali bekerja di pabrik. "Kita maklumi, karena ada yang bekerja. Mereka hanya bisa datang kemarin," tuturnya.

Meski hari hadir dengan kekuatan timpang, namun Baso menegeskan idealisme dari buruh-buruh ini tidak akan berkurang sedikitpun. "Sikap kami jelas. Pansus ini harus bisa menjelaskan akar persoalan ini. Kalau memang ada yang bersalah, siapapun, harus tetap diadili," tuntasnya. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar